GEOGRAFI, GEOPOLITIK DAN KULTURAL KAWASAN TIMUR TENGAH

GEOGRAFI

Geografi berasal dari kata bahasa Yunani “geographia”, terdiri dari dua kata, geo yang berarti ‘bumi’ dan graphein artinya ‘citra’ atau ‘gambaran’. Perkataan geografi diambil dari perkataan Inggris yang berasal dari perkataan Greek hê gê (“bumi”) dan graphein (“menulis” atau “menggambarkan”). Geografi juga merupakan pelbagai buku sejarah berkenaan bidang ini, khususnya Geographia oleh Klaudios Ptolemaios pada abad ke-2.

Dari asal-usul kata ini dapatlah dikatakan bahwa geografi berarti ilmu pengetahuan yang menggambarkan keadaan bumi. Obyek kajian geografi adalah lapisan- lapisan bumi atau tepatnya fenomena geosfer, meliputi lapisan atmosfer, litosfer, hidrosfer, biosfer dan antroposfer.

Dalam mengkaji obyek-obyek studi geografi tersebut diperlukan pengetahuan dari disiplin ilmu-ilmu lain seperti klimatologi, geologi, hidrologi, antropologi dan sebagainya. Koleksi geografi yang dimaksudkan di sini adalah koleksi peta. Peta adalah gambaran konvensional secara selektif dari permukaan bumi dengan segala fenomenanya yang diperkecil dengan skala tertentu dan ditampilkan pada bidang datar. Dalam peta, daerah atau wilayah yang sangat luas dengan segala kenampakannya ditampilkan dalam sebidang kertas.

GEOPOLITIK

Istilah Geopolitik pertama kali digunakan oleh Rudolf Kjéllen, seorang ahli politik dari Swedia pada tahun 1905. sebagai cabang dari geografi politik, geopolitik fokus pada perkembangan dan kebutuhan akan ruang bagi suatu negara. Geopolitik mengkombinasikan teorinya Friedrich Ratzel’s tentang perkembangan alami sebuah negara dengan Heartland Theory (teori kawasan inti) dari Sir Halford J. Mackinder’s untuk membenarkan praktek-praktek yang bersifat ekspansionis dari beberapa negara.

Sir Halford John Mackinder adalah ahli geography dari Inggris yang menulis paper pada tahun 1904 “The Geographical Pivot of History.” Dalam papernya Mackinder mengatakan bahwa menguasai Eastern Europe adalah perkara yang penting untuk menguasai dunia. Dia mengformulasikan hipothesisnya:

Who rules East Europe commands the Heartland
Who rules the Heartland commands the World-Island
Who rules the World-Island commands the world

Mackinder’s Heartland (juga disebut sebagai the Pivot Area) adalah daerah ini dari Eurasia, dan yang dimaksud dengan the World-Island adalah seluruh daerah Eurasia (Eropa dan Asia).

PENAMAAN TIMUR TENGAH

Sejauh ini belum ada kesepakatan mengenai definisi Timur Tengah (Middle East), dan bahkan nama Timur tengah belum disepakati secara universal. Penamaan Timur Tengah muncul secara resmi oleh orang Inggris untuk menyebutkan kawasan yang meliputi semua negara Asia yang terletak di sebelah selatan Uni Sovyet (kini Rusia dan CIS), dan sebelah barat Pakistan, termasuk Mesir.

Nama lain yang muncul untuk menyebutkan kawasan ini adalah Timur Dekat (Far East), Istilah yang lebih tua. Yang dilingkupi oleh istilah ini adalah Asia Barat Daya dan wilayah-wilayah Eropa Tenggara yang pada masa lalu berada dibawah kontrol Khilafah Turki Utsmaniyah (Ottoman).

Dalam perkembangan terakhir, negara-negara yang sering diikutkan dalam penamaan kawasan Timur Tengah antara lain: Suriah, Libanon, Palestina, Israel, Mesir, Arab Saudi, Yaman, Oman, Uni Emirat Arab, Bahrain, Qatar, Irak, Kuwait,

Lalu negara-negara Afrika Utara juga diikutkan: Maroko, Aljazair, Libya, Tunisia, Mauritania, Sahara Barat, Sudan, Etiopia, Eritrea, Jibuti

Selain itu kadangkala negara-negara berikut juga diikutkan: Iran, Pakistan, Turki

GAMBARAN TENTANG PETA BUMI KAWASAN TIMUR TENGAH

Timur Tengah memiliki posisi geografis yang unik. Ia merupakan wilayah yang terletak pada pertemuan Eropa, Asia dan Afrika, dan dengan demikian ia menguasai jalan-jalan strategis yang menuju ke tiga benua tersebut. Jalan-jalan strategis tersebut antara lain; Selat Bosphorus yang menghubungkan Laut Mideterania (Laut Tengah) dengan Laut Hitam, Terusan Suez yang menghubungkan Laut Mideterania (Laut Tengah) dengan Laut Merah. Selain itu juga terdapat rute-rute perdagangan kuno via darat yang melewati kawasan ini.

Dipandang sebagai bagian dari Asia (Asia Barat Daya), Timur Tengah terletak di dalam zone tengah yang membentang di sepanjang benua raksasa ini, kira-kira antara garis lintang 30-40. Disebelah utara zone tengah ini terletak daratan Rusia yang luas. Di sebelah selatannya terdapat ujung-ujung semenanjung Asia, yang sebagian besar berada dalam kontrol Barat. Secara tradisional, Timur Tengah adalah kawasan yang diperebutkan antara kekuatan darat Rusia dan kekuatan laut Barat.

KONDISI SOSIO-KULTURAL

Secara politis dan kultural, Timur Tengah dibagi kedalam dua wilayah utama; Sabuk Utara dan Inti Arab. Sabuk Utara dari segi etnik, mayoritas adalah non Arab dan berbatasan langsung dengan Uni Sovyet (Rusia). Turki, Iran dan Afghanistan berbeda dalam banyak hal dengan negara-negara Timur Tengah lainnya.

Sabuk Utara memisahkan dan melindungi Inti Arab dari Rusia (Uni Sovyet). Sebagai garis pertahanan yang tidak merata, namun yang terkuat terletak pada Turki dan yang terlemah ada pada Iran.

Inti Arab terbagi atas daerah Bulan Sabit Subur (fertile crescent) dan wilayah Laut Merah. Daerah Bulan Sabit Subur mencakup Irak – Mesopotamia / negeri dua sungai yang pernah kaya – dan pesisir Mediterania Asia, yang terdiri dari Suriah, Libanon, Yordania, Israel dan Palestina. Daerah ini merupakan tempat migrasinya rumpun Semit yang kemudian dikenal sebagai bangsa Babilonia, Assyria, Phoenisia dan Ibrani.

Wilayah Laut Merah, terdiri atas dua bagian, daerah Timur yang terbentang gurun kering Jazirah Arab (pulau Arab), yang penduduknya jarang, kaya akan minyak, dan tenggelam akan tradisi Muslim. Di sebelah Barat terdapat Mesir, negeri yang hidup dari sungai terpanjang di dunia, Sungai Nil yang merupakan sumber kesuburan di negeri yang memang tandus.

Timur Tengah lainnya adalah daerah Afrika Utara (maghreb). Secara geografis dikitari permukaan pegunungan, Mediterania dan Atlantik, sehingga menikmati iklim yang lebih sedang dibandingkan dengan daerah Timur Tengah lainnya. Daerah ini juga cenderung lebih dekat dengan Eropa dan menciptakan interaksi baik secara ekonomi atau cultural dengan negara-negara Eropa.

Kawasan Timur Tengah merupakan kawasan tempat lahirnya tiga agama besar dunia. Selain itu juga, dari Timur Tengah lahir peradaban-peradaban besar dunia. Bahasa Arab, menjadi bahasa utama yang digunakan di Timur Tengah, pada abad pertengahan, selama ratusan tahun Bahasa Arab merupakan bahasa ilmu pengetahuan, budaya dan pemikiran progresif di seluruh wilayah dunia beradab. Berbagai bahasa di dunia sampai saat ini memperlihatkan adanya pengaruh bahasa Arab dalam berbagai bahasa serapannya. Alfabet Arab (huruf Hijaiyah) merupakan system yang paling banyak dipakai di seluruh dunia, disamping aksara Latin.

NILAI STRATEGIS KAWASAN TIMUR TENGAH

Selain memiliki keunikan geografis, Timur Tengah memiliki sifat lain yang khas. Timur Tengah merupakan pusat dunia Islam. Di Timur Tengah terdapat tempat-tempat paling suci Islam dan lembaga-lembaga keilmuan Islam tertinggi. Agama dan budaya Muslim telah meresap ke seluruh masyarakat Timur Tengah dan telah memenuhinya dengan sikap-sikap filosofis sehingga hanya revolusi radikal yang mungkin mengubah prilakunya. Namun, di tanah suci Palestina, Timur Tengah memiliki fokus aspirasi-aspirasi Yahudi serta Kristen.

Kawasan Timur Tengah pada zaman sekarang menempati kedudukan strategis dalam percaturan politik internasional karena beberapa alasan:

1. kawasan ini menyimpan reserve minyak yang paling besar dibandingkan dengan kawasan lain, sehingga dalam zaman dimana energi minyak menjadi barang yang sangat langka, Timur Tengah memegang peranan sangat menentukan dalam percaturan politik dan ekonomi internasional

2. negara-negara di Timur Tengah, berkat kekayaan yang diperoleh dari rezeki minyak, telah menjadi negara-negara pengimpor senjata dari Timur maupun dari Barat. Kawasan ini sangat menarik bagi negara-negara pengekspor senjata yang dengan mudah dapat memperoleh devisa secara sangat menguntungkan lewat lalu lintas perdagangan senjata mereka. Amerika Serikat, Uni Sovyet (Rusia), Inggris, Prancis, beberapa negara Eropa Timur dan sejumlah negara Amerika Latin serta Republik Rakyat Cina adalah negara-negara yang menaruh minat besar dalam perdagangan senjata di Timur Tengah.

3. berkat bonanza minyak itu, Timur Tengah telah menjadi benua ekonomi yang mampu menyedot berbagai komoditi dari luar. Negara-negara industri dari Barat maupun dari Asia, terutama Jepang, Korea Selatan, Hongkong dan Taiwan selalu mengincar kawasan Timur Tengah sebagai pasar yang cukup gemuk untuk berbagai produk industri mereka. Oleh karena itu Timur Tengah tidak saja memiliki nilai strategis, tetapi juga bernilai ekonomis.

4. konflik antar negara Timur Tengah, terutama sekali antara Israel dan negara-negara Arab mempunyai dimensi internasional dan melibatkan campur tangan negara-negara superkuat Amerika dan Uni Sovyet (Rusia). Perdamaian dan keamanan internasional sampai batas tertentu dipengaruhi oleh konflik-konflik yang terjadi di kawasan ini. Dengan kata lain, hampir setiap konflik besar yang terjadi di Timur Tengah mengimbas ke kawasan lain dan ikut mengguncang stabilitas kawasan tersebut.

5. Timur Tengah secara geografis, geopolitis, dan geostrategis merupakan kawasan yang selalu menjadi pusat perhatian masyarakat internasional, justru karena letaknya yang menghubungkan benua Eropa, Afrika, dan Asia. Beberapa negara Timur Tengah yang berbatasan langsung dengan wilayah Uni Sovyet (Rusia) menambah arti penting kawasan ini secara keseluruhan.

6. Timur Tengah terbukti dalam sejarah telah menjadi the cradle of civilization (asal muasal peradaban). Bukan itu saja, bahkan semua agama wahyu diturunkan di kawasan Timur Tengah. Agama Yahudi, Kristiani dan Islam, semuanya dilahirkan di Timur Tengah. (Taylor, 1990:v-vi)

 

Referensi:

1. Lenczowski, George, Timur Tengah di Tengah Kancah Dunia, Sinar Baru Algesindo, Bandung, 1993

2. Hitti, Philip K., History of the Arabs, Serambi Ilmu Semesta, Jakarta, 2005

3. Taylor,Alan R., Pergeseran-Pergeseran Aliansi dalam Sistem Perimbangan Kekuatan Arab, Amarpress, 1990

4. http://www.kebudayaan.depdiknas.go.id/BudayaOnline/SitusBcb/Musnas/n_geografi.htm

5. http://ms.wikipedia.org/wiki/Geografi

6. http://geography.about.com/od/politicalgeography/a/geopolitics.htm

7. http://geography.about.com/library/misc/blmackinder.htm

About these ads

29 responses to “GEOGRAFI, GEOPOLITIK DAN KULTURAL KAWASAN TIMUR TENGAH

  1. Bukankah yang menjadi masalah dan pemicu konflik bukan hanya dikarenakan keberadaan minyak yang melimpah dan memiliki potensi konflik,namun pihak negara hegemonik seperti AS memang tidak menginginkan negara Islam berkembang dan menjadi musuh dan memiliki kekuatan Super Power menyaingi negara dunia ketiga setelah perang dunia I & II

  2. Bagus artikel ini, saran saya supaya lebih lengkap dan tentu semakin berguna bagi banyak orang adalah mohon dilengkapi gambar/foto tentang daerah tersebut termasuk laut tengahnya.
    Matur nuwun….

  3. terima kasih tanggapannya

    1. betul bahawa yang menjadi pemicu konflik bukan hanya keberadaan minyak, namun juga memang Timur Tengah merupakan pusat peradaban Islam yang memungkinkan akan kembali bangkit. insyaallah artikel tentang ini akan menyusul

    2. insyaallah fotonya dicari dulu,kalo ada masukan silakan menambahkan

  4. assalamu’alaikum, saya sangat tertarik sekali dengan artikel anda tentang timur tengah. lebih lanjutnya sangat ingin anda tampilkan peta kawasan timur tengah secara keseluruhan dengan ukuran yang lebih besar. wassalam,,

  5. assalamu’alaikum,
    Saya sangat tertarik jika ada artikel lagi yang lebih menarik tentang timur tengah dengan prospek dimasa yang akan datang misalnya irak, iran beserta peranannya ditingkat global, terima kasih.
    wassalam

  6. Uy.. bantu pls kalo mw nyari ilmu terusan geografi dmn ya (seperti mateorologi dan asteoporogi dmn ya )

    Sangat bingung ne..

  7. menurut saya bahasan ttg ilmu geografi yg ada buat msh krg lengkap dan mendalam.Masih byk yg krg dari informasi yg anda berikan,seperti objek study geografi,cabang2 geografi dan cerita ttg penemu atau pun pendapat para ahli yg krg memedai dlm informasi yg anda buat.Menurut saya ”anda harus memperluas dan mencari informasi dari situs lain atau pun buku2.

  8. Kalau terus-terusan pake pendekatan Ratzel, Kjellen, MacKinder, Haushoffer, Mahan, Speykman sampai Brzesinski dan Huntington (yang geo-deterministik), yang paling mungkin muncul hanya perang dan perang untuk perebutan wilayah dan sumber daya alam. Lagi pula, objek geografi masa kini bukan cuma gunung dan laut ataupun cuaca dst, tapi juga manusia yang hidup di atasnya.

  9. Makasih banyak Kang Mul, jujur saya lagi pusing nyari materi tentang timur tengah dan geopolitik. Artikel ini sangat membantu saya. tapi kalo boleh, minta tolong up load Peta Tim Teng terbaru, biar lebih jelas penggambarannya. saya masih sangat blank tentang wilayah tim teng, maklum hanya berputar-putar di Jakarta saja.
    saya akan sangat berterimkasih kalo mas Mul bisa kirim saya email tentang
    1. Definisi dan cakupan geopolitik tolong email ke rajanagaluh@yahoo.com

  10. MENURUT SAYA TOLONG DEH KMBNGKN MENGNAI
    PENGERTIAN GEOGRAFI MENURUT PARA AHLI
    AGAR KM LBH MENGERTI DAN AGAR BS MNMBH WAWASAN KM MENGENAI
    GEOGRAFI TERUTAMA
    PENDAPAT PARA AHLI MENGENAI PENGERTIAN GEOGRAFI….

  11. Ping-balik: Geopolitik « lampupolitik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s