KUNJUNGAN BUSH KE AFRIKA

Pertanyaan

Bush melakukan kunjungan ke lima negara Afrika, yaitu Benin, Ruwanda, Tanzania dan Ghana. Apakah melalui kunjungan Bush tersebut, berarti Amerika telah melakukan manuver politik yang panas menentang Eropa di Afrika?

 

Jawab:

Sesungguhnya masalahnya tidak demikian. Karena kelima negara Afrika yang dikunjungi Bush adalah negara-negara pengikut Amerika Serikat tanpa saingan dari Eropa. Bush tidak memasukkan dalam agenda kunjungannya satu negara pun yang dinilai sebagai pengikut Perancis ataupun Inggris. Bukan hanya itu, bahkan Bush tidak memasukkan dalam agenda kunjuangannya, negara-negara yang di dalamnya Amerika bersaing dengan Inggris seperti Chad dan Kenya. Dan karena Bush membatasi kunjungannya hanya ke negara-negara pengikut Amerika secara loyal, berarti bahwa kunjungan Bush tersebut bukan merupakan aksi politik menentang Eropa, baik aksi panas maupun dingin.

Ini dari satu sisi. Di sisi lain, presiden Amerika Serikat yang pada tahun Pemilu justru mengepak-ngepakkan sayapnya dalam aspek pengaruh luar negerinya, sehingga mereka menggambarkan sang presiden berjalan dengan limbung. Ini dalam kondisi presiden yang berhasil. Lalu bagaimana dengan presiden seperti Bush? Dia adalah presiden yang pincang.

Yang lebih kuat dalam kunjungan Bush tersebut adalah untuk tujuan pemilu guna mendukung partai Republik dalam pemilu. Serangan Partai Demokrat memang difokuskan pada kegagalan politik luar negeri partai Republik. Karena itu, Bush sengaja mengunjungi negara-negara yang masih memiliki rasa hormat kepadanya untuk menonjolkan wajah tidak bengis dalam politik luar negerinya. Bush mengunjungi lima negara Afrika, dimana Amerika memiliki pendukung di sana. Itu persis dengan kunjungan Bush ke Palestina dan Abbas, dan negara-negara teluk, yaitu untuk kepentingan pemilu.

Kunjungan seperti ini biasanya tidak untuk menyetujui proyek-proyek atau solusi, namun dengan kadar tertentu kunjungan tersebut hanya bertujuan untuk mengekspos penerimaan dan bentangan karpet merah untuknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s